Tempat-wisata.web.id – Kita beralih ke Sumatera, di Pulau satu ini kita akan menjumpai danau yang indah yang juga dimiliki oleh Indonesia. Wisata Danau Singkarak berada di Sumatera Barat dan berjarak 70 kilometer dari ibukota Sumatera barat yaitu Padang. Penampakan alam yang akan kita jumpai saat berkunjung yakni lautan air yang sangat jernih, dan sampan-sampan nelayan pencari ikan serta pemandangan hijau nan sejuk di sekitar danau ini. danau ini terbentang luas dengan menduduki dua wilayah yang ada di Sumatera Barat yakni Solok dan Tanah Datar. Danau yang dinobatkan menjadi danau terluas kedua setelah danau toba ini memiliki luas sekitar 1000 hektare dan berada di ketinggian 363.5 mdpl. Danau ini termasuk ke dalam danau tektonik yang diperkirakan terbentuk karena pergeseran lempeng bumi. Uniknya lagi karena hal tersebut menjadikan danau ini akan bertambah panjang setiap tahunnya mengikuti alur pergeseran lempeng yang ada.

Keindahan Danau Singkarak Sumatera Barat

Danau Singkarak pertama kali dikenal oleh khalayak luas pada tahun 1905 melalui jurnal biologi yang ditulis oleh Haeckel seorangpeneliti asal Jerman. Selain menikmati keindahan alami danau yang ada Anda juga dapat melakukan aktifitas lain seperti berenang, menaiki sampan untuk berkeliling danau, dan juga dapat ikut para nelayan yang sedang menangkap ikan. Dengan latar belakang barisan bukit yang sangat indah Anda tentunya jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen liburan asyik Anda di Danau Singkarak nan sejuk ini. Selain beberapa hal diatas, Anda juga dapat melakukan wisata kuliner yang ada di pinggiran danau ini. Sembari menikmati keindahan alam, memancing kan dan kegiatan lainnya akan lebih asyik jika Anda sambil menikmati hidangan cepat saji yang ada.

Beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui di tempat wisata Danau Singkarak ini diantaranya adanya acara tahunan tour de singkarak, dan ikan bilih. Tour de singkarak sendiri adalah sebuah event balap sepeda kelas internasional yang diselenggarakan setiap tahunnya di tempat wisata ini. Tour ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2009 dan mendapat dukungan dari Kementrian pariwisata dan Ekonomi kreatif serta Amaury sport organization. Kegiatan ini dilangsungkan selama satu minggu pada bulan April-Juni dengan tujuh etape yang harus dilalui peserta. Sepanjang rute peserta akan dijamu dengan pemandangan alam yang indah dan beragam budaya Sumatera Barat lainnya.

Untuk ikan bilih sendiri adalah salah satu spesies ikan yang hanya dapat hidup di perairan ini saja. BAnyak orang yang akan membibit jenis ikan ini namun pada akhirnya akan mati juga. Ikan ini memiliki panjang sekitar 10 cm saja dengan warna perak berkilauan. Ikan ini banyak ditangkap nelayan untuk dijual dan dijadikan sebagai makanan khas Wisata Danau Singkarak.

Peta Wisata Danau Singkarak

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *