Seprti yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara dengan penduduk muslim yang terbanyak. Beruntunglah kita disini yag ingin menunaikan ibadaha haji atau umroh karena tidak dipersulit juga banyak tersedia travel travel umroh. yang menyediakan paket umroh dengan berbagai macam harga dan fasilitas. Umroh meruoakan ziarah islam dan secara singkat, merupakan ibadah kepada Alloh ( SWT) . Hal ini berdasarkan ajaran dari rosululloh dan sunahnya. Ziarah tersebut merupakan ziarah ke rumah Alloh (SWT). Yang bisa dilaksanakan setiap tahun nya. Hal ini dikenal dengan sebutan ziarah kecil dibandingkan dengan ziarah besar yaitu Ziarah besar haji, Ziarah kezil ini memegang nilai dan kebajikan yang besar di mata Alloh ( Swt ). Ibadah Umroh Memiliki 4mpat pilar dasar.

Ihram

Ihram pada dasarnya ialah beniat secara formal untuk melaksanakan Umrah. Untuk ber ihram , seseorang harus mengganti pakaian dan mandi, yang memerlukan pembersihan diri dari kotoran. Laki laki mengganti pakaian nya dengan dua helai kain , Rida dan Izar, sedangkan untuk wanita daoat memakai pakaian apapun yang menutup tubuh dan kepala. wanita yang sedang menstruasi dan pendarahan setelah melahirkan juga disarankan untuk mandi junub.Setelah selesai dengan membersihkan diri , kita harus melaksanakan sholat wajib atau sholat sunnah dua rakaat. Setelah selesai kita harus mengahadap kea rah kiblat dan secara resmi memasuki ihram sebelum masuk meeqot di mekah.

Tawaff

Orang yang sedang melakukan umrojh harus memasuki masjidil haram dengan kakiu kanan terlebih dahulu. Setelah itu orang yang berumroh dapat menyentuh batu hitam ( hajar aswad ) dan mulai melakukan tawaff. Idealnya hajar aswad harus disentuh dengan tangan kanan lalu dicium. Apabila tidak bisa dicium secara langsung bisa juga menyentuh tangan dahulu serta mencium tangan yan sudah menyentuh batu hajar asawad. Jika memang tidak bisa menyentuh batu tersebut bisa dengan menghadapkan tangan ke hajar aswad dan berkata “Allahu Akbar”. Kemudian thawaf menngambil putaran di ka’bah. Dengan posisi ka’bah berada pada sisi kiri. Tiga putaran pertama dihasruskan untuk berjalan cepat dengan mengambil langkah kecil.. setelah itu pergilah ke makam Ibrahim , lalu melaksanakan shalat dua rakaat.

Sa’i Di Antara Safa Dan Marwah

Peziarah disarankan untuk ke sa’I (massa) dan membaca doa yang dituturkan oleh pemandu . Sebelum mendaki bukit sa’fa menuju dimana ka’bah bisa terlihat. Lalu menghadap kiblat serta berdoa. Doa yang dibaca boleh apapun sesuai dengan keinginan. Juga melakukan dzikir. Setelah itu langsung berjalan ke bukit marwah dan mendakinya. Dan mengahdap kiblat serta membaca apa yang dia baca pada saat di bukit safa. Lalu turun lagi ke Safa lalu membaca apa yang telah tadi dibaca, mengulanginya lagi sebanyak tujuh putaran,

Mencukur/Memotong Rambut

Tahapan terakhir dari semuanya setelahg menyelesaikan tujuh putaran, peziarah diharuskan untuk memotong rambut mereka. para lelaki harus memotong rambut mereka atau memotong rambut mereka seluruhnya dengan panjang yang sama. Untuk para wanita diharuskan memotong rambutnya sepanjang satu ruas jari. Dengan melakukan tahap akhir ini jemaah umroh telah resmi melangkapi Umrahnya. Smoga artikel ini bisa bermanfaat biarpun mengandung sedikit informasi setidaknya para calon jemaah umroh tidak terlalu awam sebelum memilih paket umroh . Semoga lancar dan semoga berkah dan Alloh Swt menerima doa serta amalanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *