Tempat-wisata.web.id – Jogja memang gudangnya tempat wisata, disana ada banyak sekali tempat wisata. mulai dari wisata alam seperti deretan pantai yang ada di parangtritis, di gunung kidul, hingga deretan gua yang juga ada di Gunung kidul. Lalu ada juga wisata buatan yang banyak sekali terdapat di kota jogja dan bantul hingga wisata kuliner yang tersebar di seluruh wilayah provinsi jogja.

Tak hanya sampai disitu, jogja juga memiliki banyak wisata perbelanjaan. Dan yang terbesar tentu saja ada di malioboro. Tak lupa jogja juga punya banyak wisata budaya dan satu dari tujuh keajaiban dunia, candi prambanan. Dengan deretan wisata yang begitu lengkap, tak salah bila jogja terkenal hingga mancanegara. banyak wisatawan dari berbagai negara berkunjung ke jogja.

Wisata Jogja Antimainstream

Wisata Jogja Antimainstream
(Gambar : justgola.com)

Segala tempat wisata yang ada di jogja tersebut, dilengkapi pula dengan beberapa tempat wisata yang antimaintream alias hanya ada di jogja saja. Apa saja tempat wisata tersebut?

1. Telaga Biru Gunung Kidul

Gunung kidul sangat terkenal dengan berbagai pantai yang indah di sana, perpaduan antara pasir putih dengan air yang sangat jernih dekat dengan daerah perbukitan di sekitar pantai, menjadikan pantai-pantai di gunung kidul apik untuk latar foto. Tapi tahukah kamu kalau selain pantai, gunung kidul juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang antimainstream?

Sebut saja Telaga Biru gunung kidul yang saat ini sedang hits di kalangan para traveler. Nama lengkap tempat ini adalah Telaga Biru Semin Gunung Kidul, tapi warga sekitar menyebutnya sebagai Banyu Biru Candirejo.

Lokasi Telaga Biru

Buat kamu yang tertarik untuk menuju ke Telaga Biru, lokasinya cukup mudah untuk ditemukan, walau memang tidak berada di area perkotaan. Lokasinya ada di Dusun Ngemplak Desa Candirejo Kecamatan Semin Gunung Kidul. Sebagaimana kebanyakan lokasi wisata di Gunung Kidul, sepanjang perjalanan, kamu akan melewati jalanan yang berkelok dan penuh dengan area hijau.

Kalau di akses dari kota jogja, jaraknya sekitar 54 KM. Jadi bisa kamu tempuh kurang lebih selama dua jam. Tenang saja, dua jam perjalanan tidak akan terasa karena memang sepanjang perjalanan ada banyak pemandangan hijau dan indah sehingga menyegarkan pikiran kamu.

Asal Usul Telaga Biru

Telaga biru bukanlah wisata alam yang terbentuk dari proses alam atau wisata buatan yang sengaja dibentuk oleh tangan manusia. Telaga Biru adalah tempat wisata yang secara tidak sengaja terbentuk. Lokasi ini dahulu merupakan bekas tambang batu putih. Karena proses penambangan yang terus menerus dilakukan, akhirnya terbentuklah cekungan.

Melalui proses waktu ke waktu, cekungan terisi air hujan dan juga air resapan karena dalamnya cekungan. Sampai akhirnya penuh dengan air. Air yang terus mengendap, sampai menunbuhkan lumut di dasar cekungan. Inilah yang kemudian mengubah warna air menjadi hijau dan kebiru-biruan.

Lumut dan ganggang dari waktu ke waktu terus tumbuh subur. Sampai akhirnya airnya juga ikut menjadi hijau. Nah jika dijadikan latar foto, wakna airnya menjadi sangat kontraks dengan cekungannya. Sehingga terlihat sangat indah dan mengesankan. Karena itulah kemudian banyak anak muda menjadikan lokasi ini sebagai latar berfoto, sehingga menjadi viral. Banyak story instagram yang memasang foto dengan latar foto di Telaga Biru.

lubang di cekungan telaga biru tak hanya satu saja, melainkan ada beberapa. Tiap lubang memiliki komposisi warna yang berbeda. Mirip seperti yang ada di danau kalimutu. Banyak pula yang menyebut sebagai danau kalibutu kecil. Tak ayal, jika banyak pecinta foto yang memburunya. Apalagi untuk kesana tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Paling hanya biaya parkir saja.

Sayangnya karena tempat ini masih baru, maka fasilitas seperti mushola, kamar mandi, tempat makan belum tersedia. Semoga kedepan segera di bangun.

2. Kalibiru Kulonprogo

Tempat wisata di jogja yang antimaintream berikutnya ada di Gardu pandang. Lokasi wisata yang satu ini menawarkan pemandangan yang indah nan apik dimana ada banyak sekali pohon pinus di hutan wisata Kalibiru Jogja. Lokasinya ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Keindahan Lokasi

Tak sekadar pohon pinus biasa seperti yang ada di hutan pinus imogiri jogja, di kalibiru keindahan hutan pinus sebagai spot foto makin lengkap dengan hadrinya pemandangan indah Waduk Sermo yang bisa terlihat dari Perbukitan Menoreh yang. Di pagi hari keindahan kalibiru makin terlihta berkat pantulan sinar matahasi yang masuk melalui cela-cela pohon pinus. Sama seperti ketika waktu senja. sehingga tak salah bila banyak anak muda datang ke tempat ini pada waktu tersebut. Banyak pula yang menjadikan lokasi ini sebagai spot foto prewedding di jogja.

Pada pagi hari, cahaya sinar matahari berwatna keemasan akan masuk bersama dengan kabut di antara pohon pinus dan yang menyelimuti Perbukitan Menoreh. Anda akan dibuat jakjub dengan keindahanya. Sementara pada waktu senja, keindahan kalibiru terlihat berkat warna langit yang berubah di tambah dengan pantulan cahaya yang masuh di cela-cela pepohonan., tak salah bila tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata di kulon progo terbaru dan yang paling keren.

Akses Menuju Lokasi dan Harga Tiket

Untuk menuju ke kalibiru waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota. Anda bisa melewati rute Kota Jogja lalu ambil Jalan Raya Wates ke Kota Wates setelah itu ikuti petunjuk jalan ke Waduk Sermo – begitu sampai di Waduk Sermo ikuti petunjuk jalan menuju Kalibiru, lalu menuju ke Desa Wisata Kalibiru. Meski jalanya menanjak, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang mengesankan sepanjang perjalanan. Sehingga anda tidak akan bosan dan lelah. Untuk menuju lokasi harus bawa kendaraan pribadi ya, kalau tidak bawa, anda bisa sewa mobil jogja. Salah satunya ada di omocars.com.

Lalu berapa harga tiket masuknya? Tenang saja, harga tiketnya sangat terjangkau. Anda hanya perlu bayar Rp 3.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan mobil Rp 5.000. nah jika anda ingin benar-benar menikmati lokasi wisata kalibiru, ada baiknya tidak berkunjung pada weekend. Karena pada weekend lokasi akan penuh dengan pengunjung. Sehingga anda tidak bisa menikmati dengan tenang.

3. Hutan Pinus Mangunan

Seperti yang sedikit disinggung di atas, tempat wisata anti maintream berikutnya di jogja juga masih tentang hutan pinus. Kali ini ada hutan pinus Mangunan atau dikenal pula dengan Hutan Pinus Imogiri dan Hutan Pinus Dlingo. Pada dasarnya keindahan tempat wisata yang satu ini sama dengan tempat wisata yang kedua. Jadi tak perlu dibahas panjang lebar.

Untuk lokasinya, hutan pinus Mangunan berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jadi lumayan dekat dari kota. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja, untuk motor sebesar Rp.3.000, mobil Rp.10.000, dan bus Rp.20.000,- sementara kalau prewed, anda akan dikenai biaya tambahan 50 ribu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *