Melakukan perjalanan wisata kekinian rasanya tidak lengkap tanpa membawa kamera digital. Saat ini, sudah banyak inspirasi objek foto yang menjadi tagar di Instagram. Para traveller bisa mencari inspirasi untuk mendapatkan jepretan terbaik. Tips wisata berikut ini akan memberikan berbagai titik objek fotografi yang dapat diambil oleh para traveller.

  1. Pohon, Daun, dan Bunga

Ketiga unsur di atas adalah benda alam yang sering dijadikan objek fotografi. Selain kekayaan bentuk, warna, dan ukuran dari benda alam tersebut, ada juga beberapa alasan dari pohon, daun dan bunga sehingga menjadi objek foto instagramable. Contohnya gerakan yang indah dan alami. Efek kamera bokeh yang kekinian sangat cocok dipadukan dengan gerakan ritmis dari pohon yang tertiup angina, daun, atau bunga.

  1. Air

Gemercik air hujan, air terjun, atau kolam dan sungai memang tidak akan ada habisnya jika digunakan untuk objek fotografi. Bagaimana tidak, seluruh gerakan air memang sangat unik. Bahkan di antara beberapa hasil jepretan foto dengan objek yang sama bisa jadi keadaannya tidak persis. Inilah yang membuat para traveller pecinta alam sangat hobi memotret keadaan air yang jatuh maupun menggenang.

  1. Anak – Anak

Anak – anak selalu menjadi objek yang menarik untuk difoto candid. Interaksi mereka yang sangat flowing bisa menyejukkan hasil potret menjadi lebih hidup. Ketika pergi ke berbagai belahan dunia, atau ke beberapa daerah maka sempatkan untuk mencari sekelompok anak yang bermain bebas. Dengan mengambil foto mereka, maka akan ada kepuasan tersendiri karena mengingat kenangan masa keci yang menyenangkan.

  1. Sekumpulan Hewan Lucu

Tips wisata fotografi yang berikutnya adalah mencari foto sekumpulan hewan lucu. Jika tingkah laku satu hewan saja sudah sangat menggemaskan, bagaimana jika ada sekumpulan? Ada banyak jenis hewan lucu yang seru untuk diambil gambarnya ketika dalam komunitas. Misalnya saja rusa, kucing, kelinci, dan sebagainya.

Jika ingin tantangan yang lebih, maka bisa saja memilih kumpulan hewan dengan kapasitas kegarangan tinggi. Namun demikian, harus digarisbawahi bahwa hal ini bisa jadi berbahaya. Jadi, hewan tersebut tidak bisa serta merta dipotret sebelum si traveller mempunyai perlindungan mumpuni.

  1. Warna – Warni

Apa saja yang terdiri dari berbagai warna – warni menarik? Pada dasarnya, tidak hanya alam yang berwarna – warni, tetapi juga hasil tenun, lukisan, serta karya seni lainnya. Jadi, jangan hanya menggunakan satu sudut pandang untuk menilai kata warna – warni di dunia fotografi.

Mulai dari pelangi sampai burung merak, semuanya mempunyai warna – warni yang indah. Inilah poin yang harus dikejar oleh seorang fotografer. Bahkan meskipun bukan seorang fotografer pun siapa saja bisa mengembangkan bakatnya dengan memotret benda dengan komposisi warna cukup kompleks.

  1. Cahaya, Aurora, dan Kembang Api

Dibutuhkan kamera khusus untuk memotret cahaya, aurora, kembang api, dan sumber – sumber sinar lainnya. Apalagi jika benda bersinar itu dipotret pada malam hari. Kamera DSLR akan bisa menjadi solusi dari masalah pencahayaan ini.

Saat ini sudah ada beberapa smartphone yang memiliki fitur backlight sehingga akan membantu memperjelas keadaan benda yang dipotret. Namun demikian, banyak – banyaklah berlatih untuk memotret karena hasilnya tentu bisa menjadi kepuasan tersendiri.

Dari ke 6 tips wisata fotografi dan spot menarik untuk dipotret tersebut, tentunya ada yang paling menarik. Meskipun hanya seorang amatir, tentunya hasil jepretan sendiri akan sangat bisa memberikan kepuasan bagi traveller yang bepergian ke alam bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *