Jika menyebut soal wisata alam terbaik di Yogyakarta, maka Gunung Merapi layak menjadi jawaban. Gunung yang masih berstatus aktif ini memiliki ketinggian hampir 3000 meter di atas permukaan laut. Lebih hebat lagi, gunung ini berdiri kokoh di tengah-tengah empat kota sekaligus, yakni Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten. Penduduk yang tinggal di kaki gunung ini juga tercatat sangat padat dan tidak sedikitpun khawatir akan kemungkinan erupsi yang dapat terjadi sewaktu-waktu, mengingat gunung ini dinobatkan sebagai gunung teraktif di Indonesia.

Untuk masuk ke areal wisatanya, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 10.000,- per orang. Destinasi wisata jogja ini menawarkan panorama alam yang sangat indah. Jika berangkat dari pusat kota, wisatawan bisa menempuh perjalanan ke Kaliurang agar dapat sampai di lokasi. Di dalam area, jika ingin berkeliling, bisa mengambil paket Lava Tour yang mana wisatawan akan diantarkan ke titik-titik erupsi Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu dengan mengendarai sebuah jeep klasik. Selain itu, masih ada tempat-tempat lain yang wajib dikunjungi.

Museum Sisa Hartaku tanpaknya menjadi salah satu yang paling populer. Wisatawan awalnya selalu menyangka akan disuguhi pameran benda-benda berharga seperti logam mulia dan semacamnya, namun realitanya, harta yang dipamerkan lebih historis dan tak ternilai. Pengunjung dapat melihat reruntuhan-reruntuhan bangunan akibat letusan dahsyat Merapi tahun 2010 lalu yang turut menewaskan Sang Kuncen, yakni Mbak Maridjan. Terdapat pula perabotan rumah tangga, kendaraan, maupun benda lain yang meleleh akibat terkena awan panas alias wedhus gembel.

Untuk fasilitas umum, sudah tersedia banyak toilet, sarana peribadatan, serta penginapan yang memang ditujukan untuk para wisatawan. Bila ingin benar-benar merasakan sensasi wisata alam sesungguhnya, pengunjung dapat memilih menginap di bumi perkemahan dengan menggunakan tenda. Jika tidak dapat bermalam di vila ataupun bungalow di sekitar. Pagi harinya, jangan lupa untuk naik ke puncak Merapi untuk mengejar fajar di spot yang dinamai sesuai dengan fungsinya, yakni Sunrise. Wisatawan akan menyaksikan keindahan matahari terbit dari ufuk timur yang menyemburat merah dengan cantiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *